Mengolah Ikan Gabus Menjadi Kudapan yang Lezat dan Menyehatkan

Senin, 15 Mei 2017 - 04:30 WIB
Mengolah Ikan Gabus Menjadi Kudapan yang Lezat dan Menyehatkan
Mengolah Ikan Gabus Menjadi Kudapan yang Lezat dan Menyehatkan
A A A
JAKARTA - Selain menggelar kegiatan lomba memasak nasi goreng, dalam acara One Family Day yang digelar oleh Koran Sindo dan Sindonews.com bersama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, chef Yuni juga berbagi ilmu dalam mengolah ikan dengan mengadakan demo masak. Kali ini, chef Yuni memilih ikan gabus sebagai bahan dasar untuk membuat batagor.

“Karena sekarang banyak kan anak-anak yang tidak suka ikan. Padahal ikan itu mempunyai manfaat yang sangat tinggi, nah ikan gabus ini dapat mencerdaskan otak. Kalau ikan utuh kan anak-anak nggak mau makan, jadi batagor ini bisa jadi salah satu olahan ikan supaya anak mau makan,” papar Yuni kepada Sindonews saat ditemui di Lagoon Ancol, Jakarta, Minggu (14/5/2017).

Selain bisa mencerdaskan, ikan gabus juga bisa membantu terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Kandungan albumin yang tinggi pada ikan gabus juga cocok untuk ibu-ibu yang habis operasi atau melahirkan, jadi untuk pemulihan, ibu-ibu tidak perlu minum obat-obatan lagi.

Bagi para ibu yang juga ingin berinovasi dalam membuat hidangan berbahan dasar ikan, chef Yuni mengatakan bahwa Anda dapat memilih jenis ikan lain. Ikan seperti ikan tenggiri, kakap dan yang lainnya bisa dipakai untuk membuat kudapat yang lezat dan mudah seperti batagor yang dia buat.

“Ini variasi aja kalau biasanya ikan gabus kan terkenal untuk hidangan gabus pucung ya. Selain ikan gabus, yang bisa divariasikan untuk hidangan batagor seperti ini itu ikan tenggiri, ikan kakap, ikan ekor kuning bahkan lele pun bisa. Batagor lele, bakso lele, itu enak sekali,” kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4901 seconds (0.1#10.140)